Kenali Apa Penyebab Volume air dikolam renang anda berkurang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Apakah anda pernah melihat volume air dikolam renang anda tiba-tiba berkurang, banyak klien kami yang bertanya kira-kira mengapa volume air dikolam renang mereka tiba-tiba berkurang???

Nah, Menurut kami ciptawahana pool volume air pada kolam renang anda berkurang bukan berarti menandakan kolam renang anda ada kebocoran / keretakan yang menyebabkan rembesan air keluar dari kolam renang mereka. Dan, kebanyakan kolam renang klien yang tidak dilengkapi dengan Heater (pemanas) dan tidak adanya gemercik air seperti waterfall, maka hal itu dapat mengurangi volume air seperempat inci per hari dan rata-rata setiap minggunya dapat berkurang lebih dari satu setengah inci.

Hal itu bukanlah karna kebocoran / rembesan,  hanya efek dari penguapan air.  Supaya anda lebih memastikannya dan dapat menambah pengetahuan anda juga, berikut ini kami cipta wahana pool akan memberikan informasi pada anda beberapa poin yang dapat menyebabkan volume air kolam renang anda berkurang.

Silahkan anda baca juga service Sand Filter Kolam Renang Termurah Sejabodetabek

Pertama, apa yang mempengaruhi cepat/lambatnya penguapan air di kolam renang anda?

  • Letak / Posisi Kolam Renang Anda

Semakin terbuka posisi kolam renang anda, maka juga akan semakin cepat penguapan / pengurangan airnya yang disebabkan efek dari panas matahari dan angin. Kolam renang anda yang tertutup dapat menghambat proses penguapan air, baik itu menggunakan screen pool, ataupun kolam renang indoor.

  • Suhu Kolam Renang Anda

Berhubungan dengan sinar matahari yang dapat mempengaruhi penguapan air, sekaligus membuat suhu lingkungan menjadi panas. Suhu lingkungan yang panas dapat mempercepat penguapan air pada kolam renang anda pula. Hal ini juga akan nampak terlihat jelas jika kita berada di wilayah dengan High Temperatures.

  • Kelembapan Lingkungan

Tingkat kelembaban lingkungan sesungguhnya masih dipengaruhi oleh kedua hal sebelumnya. Semakin lembab kondisi lingkungan disekitar kolam renang anda maka semakin lambat pula proses penguapan kolam renang anda. Cepat / lambatnya penguapan air dikolam renang anda dipengaruhi oleh kondisi lingkungan disekitarnya.

  • Mesin Kolam Renang Anda Mengalami Rusak / Bermasalah

Pump (Mesin) kolam renang adalah alat untuk membantu proses sirkulasi pada kolam renang anda, jika mesin pada kolam renang anda rusak atau bermasalah maka nantinya kolam renang anda juga akan mengalami kebocoran / rembes. Jika hal itu terjadi maka air kolam renang anda pasti akan surut / berkurang, biasanya kejadian ini ditandai dengan volume air kolam renang yang tiba-tiba mendadak surut dan ruang mesin anda terendam air kolam.

  • Jalur Pembuangan Pada Filter Kolam Renang Anda Bermasalah

Jalur pembuangan berfungsi untuk pembuangan pada kolam renang anda, pada umumnya jalur pembuangan dipakai dalam melakukan backwash, rinse atau waste. Dalam kondisi pemakaian ini jalur pembuangan baru digunakan, jika jalur pembuangan atau filter kolam renang anda sudah tidak berfungsi dengan baik maka air dikolam renang anda akan terbuang otomatis walaupun tidak dalam posisi kita pakai, penyebab hal inilah yang bisa membuat air kolam renang anda akan menjadi surut / berkurang.

  • Pipa Kolam Renang Anda Bocor

Jika pipa kolam renang pecah / retak, hal ini jugalah yang membuat air kolam renang anda akan menjadi surut / berkurang, beberapa faktor yang menyebabkan pipa kolam renang anda pecah / retak karna biasanya terkena akar pohon atau pergeseran struktur tanah. Hal ini juga bisa menjadi penyebab air kolam renang anda menjadi surut / berkurang.

  • Struktur Kolam Renang Anda Bermasalah

Jika struktur kolam renang anda sudah tidak kuat, umumnya jika hal ini terjadi pada kolam renang anda maka anda harus segera melakukan pengecekan lebih lanjut dengan dibantu oleh teknisi yang sudah sangat berpengalaman, karena hal ini juga membutuhkan kemampuan, pengalaman dan ketelitian dalam pengerjaannya.

Jika anda ingin melihat kolam renang anda mengalami kebocoran atau tidak maka anda dapat melakukan test untuk mengecek kebocoran dikolam renang anda.

Seperti sebelumnya, bahwa ketika anda melihat permukaan air dikolam renang anda menurun drastis jangan dulu anda panik / bingung dan langsung berpikir bahwa ada  kebocoran dikolam renang anda. Lebih baik anda melakukan tahap-tahap tes berikut ini untuk lebih memastikannya.

  1. Pertama-tama silahkan anda siapkan alat tulis yang dapat digunakan pada dinding / pengaris plastik. (termasuk anda siapkan pengarisnya juga)
  2. Sebelum anda memulai, ada baiknya juga anda menonaktifkan heatter serta peralatan lainya yang dapat mempengaruhi suhu air dikolam renang anda. Dan setidaknya untuk jangka waktu selama pengetesan ini berjalan.
  3. Pada hari tersebut penuhi volume air dikolam renang anda sampai batas normal.
  4. Matikan pompa air kolam renang anda untuk menenangkan pergerakan mekanik air dikolam renang anda.
  5. Setelah permukaan air kolam renang tenang, ukurlah batas permukaan air dikolam renang anda tersebut, dan beri tanda. “sebaiknya anda memakai penggaris lalu anda tempelkan pada dinding kolam renang anda, agar posisi penggaris tidak berubah ubah”.
  6. Silahkan jalankan mesin pada pompa kolam renang anda kembali dan biarkan proses berjalan seperti biasa, kecuali heatter dan air terjun (waterfall).
  7. Lakukan pengukuran kembali setelah empat hari dengan mematikan pompa kolam renang anda, Lalu setelah permukaan air kolam renang anda tenang, ukur dan beri tanda.
  8. Berapakah perbedaan / perubahan dalam ukuran pengaris anda pada hari ke 1 dan hari ke empat. Setelahnya mari lanjut ke proses evaluasi.
  9. Jangan lupa, setelah mendapat kan data-data tersebut, jalankan kembali semua perangkat kolam renang seperti biasa.

Silahkan Anda Melakukan Evaluasi Hasil Tes Pengurangan Volume Air Kolam Renang

Selama pengurangan air pada kolam renang Anda seperempat inci atau kurang (atau 1 inci selama hari ke 1-4 periode tes) hal tersebut masih bisa dimaklumi sebagai akibat / efek dari penguapan air, Bukan dikarenakan adanya kebocoran pada kolam renang anda. Namun, mengingat juga kondisi lingkungan dan cuaca disekitar kolam renang anda, apakah panas atau sedang lembab. Kondisi tersebut juga perlu anda pertimbangkan kedalam test note Anda.

Namun, jika air dikolam renang anda berkurang lebih dari setengah inci per hari atau selama empat hari periode test berkurang lebih dari satu inci. Maka sebaiknya anda perlu untuk menghubungi kontraktor / jasa perbaikan kolam renang, silahkan hubungi kami  ciptawahana pool di nomer 081314140404 atau Telpon (021) 2278 4764. karena dengan ditandai oleh  hal tersebut ada kemungkinan terjadi kebocoran pada kolam renang Anda. Berilah kami hasil tes kolam renang anda selama empat hari tersebut.

Tim Teknis dari ciptawahana pool akan datang dan mensurvey lokasi anda, dan team kami akan melakukan tes yang lebih mendalam tentang dugaan adanya kebocoran pada kolam renang anda, dan memberikan anda hasil tes profesional dari kami serta tindakan apa yang perlu anda lakukan terhadap kolam renang anda selanjutnya.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Penyebab “Volume air dikolam renang anda yang tiba-tiba berkurang” silahkan anda klik gambar whatsapp dibawah ini untuk langsung chat otomatis dengan kami.

Silahkan Anda Dapat Mendownload Company Profile kami Cipta Wahana Pool dan segera hubungi kami untuk pembuatan, renovasi maupun penjernihan kolam renang ataupun semua hal yang berkaitan dengan kolam renang anda.

Share.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-1414-0404

Comments are closed.