Penggunaan Dan Takaran Kaporit Yang Tepat Untuk Kolam Renang Anda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jika anda mempunyai hobi berenang anda pasti sudah tidak asing dengan aroma yang khas dari kolam renang. Aroma air pada kolam renang yang bercampur dengan zat kaporit. Kaporit digunakan pada kolam renang agar kolam renang selalu terjaga kebersihan dan kejernihannya. Namun apakah anda sudah tahu terkait fungsi, penggunaan dan takaran kaporit yang tepat kolam renang anda? Jika anda belum tahu anda dapat menyimak selengkapnya penjelasan kami dibawah ini

Kaporit sendiri adalah kalsium hipoklorit yang merupakan salah satu jenis disinfektan yang dipakai untuk air kolam renang. Biasanya kaporit berbentuk serbuk putih seperti bedak yang akan pecah jika dimasukkan kedalam air. Bau yang khas dari kaporit yang ditaburkan pada air kolam renang adalah hasil dari gas klorin sehingga  itulah kenapa kita akan selalu mencium bau yang khas pada kolam renang saat berenang.

Fungsi Kaporit Sebagai Pembunuh Bakteri Berbahaya Dan Pencegahan Kuman Di Kolam Renang

Selain menjernihkan dan menjaga kebersihan kolam renang penggunaan kaporit juga untuk membunuh bakteri, kuman dan lumut yang terkandung dalam air kolam renang.  Kandungan Kalsium hipoklorit yang terkandung di kaporit berfungsi sebagai disinfektan pembunuh dan pembasmi kuman yang tersebaar didalam air kolam renang. Juga menjaga air kolam tidak terlihat keruh karna pengendapan kotoran.

Takaran Kaporit Pada Kolam Renang Harus Anda Batasi Dan Perhatikan

Karna kaporit termasuk kedalam salah satu jenis bahan kimia yang penggunaanya harus selalu dalam batas yang aman. Kadar kaporit atau jumlah takaran yang dimasukkan kedalam air kolam renang harus sesuai dengan batas aman yang sudah ditetapkan oleh badan regulasi. Pemberian kaporit didalam kolam renang tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak untuk itu anda harus memahami takaran kaporit yang ideal untuk kolam renang anda.

Cara pemberian kaporitpun cukup mudah

Pertama-tama anda pastikan dulu kadar PH dalam air kolam anda tetap dalam posisi kadar ideal yakni direntang 7,2 – 6,6 ppm. Biasanya kadar PH pada air kolam renang anda cenderung stabil namun akan berubah jika ada penambahan air yang kadar phnya tinggi ataupun rendah (seperti adanya penambahan air hujan, dll).

Anda dapat memantau air dikolam renang anda secara berkala, minimal seminggu sekali. Apabila air di kolam renang Phnya diatas ideal anda dapat menurunkan sedikit dengan HCL Acid namun apabila PH kolam renang anda dibawah ideal anda dapat menaikkan PH kolam renang dengan soda ash sedikit demi sedikit.

Kemudian anda juga dapat menjaga kandungan kaporit yang ideal untuk kolam renang anda yakni di rentang 1,0 – 1,5 ppm perharinya. Silahkan, anda dapat menggunakan testkit PH Test dan Cl Test untuk mengeceknya.

Air dikolam renang anda kadar kaporitnya juga akan berkurang jika ada penambahan air atau karena adanya penguapan oleh sinar matahari. Oleh karna itu pemberian kaporit dilakukan disore atau malam hari. Selain itu juga orang biasanya berenang pada siang hari dan juga kaporit dapat menyebabkan mata terasa perih setelah selesai berenang di air yang tercampur kaporit.

Oleh karna itulah kolam renang publik atau umum yang selalu ramai dengan kedatangan pengunjung dianjurkan untuk penambahan kaporit yang ideal dilakukan di malam hari dan andapun juga harus menjaga kadar kaporit dikolam renang anda

Jadi, Berapakah takaran kaporit kolam renang yang ideal???

Takaran kaporit di kolam renang standartnya adalah 40 gram/m3 air kolam renang untuk menaikan per satu ppmnya (part per million) pemberian kaporit pada kolam renang anda juga tergantung dari ukuran kolam renang anda dan jenis kaporit yang tersedia di pasaranpun untuk digunakanpun juga berbeda-beda.

Jenis Kaporit Yang Tersedia Dipasaran Adalah Sebagai Berikut :

Kaporit Granular 90% (bentuknya seperti beras dan kasar),

Kaporit Bubuk 60% (Bentuknya halus seperti tepung),

Kaporit Tablet 90% / 70% / 60% (Bentuknya seperti tablet dan berukuran besar)

Untuk hasil terbaik pada kolam renang anda silahkan anda gunakan Nichole 70% namun harganya sedikit lebih mahal. Kaporit Granular, Tablet, Nichole bisa langsung anda taburkan kepada kolam renang anda atau ke dalam balancing tank

Sedangkan untuk kaporit yang bubuk atau serbuk halus anda harus mengaduk dulu diember besar dan endapkan dulu selama beberapa jam. Silahkan anda lakukan proses ini pada sore hari dan taburkan kekolam renang anda pada malam harinya

Dampak Buruk Atas Pemberian Kaporit Yang Salah Dan Tidak Sesuai Batas Aman

Anda harus mengetahui penggunaan klorin atau kaporit yang tidak sesuai takaran pada kolam renang anda dapat menimbulkan berbagai macam dampak yang buruk bagi kesehatan. Diantaranya yakni:

Dapat Mengakibatkan Iritasi Pada Mata

Saat kaporit bereaksi dengan zat organik seperti keringat dan urine para perenang. Maka kaporit akan menghasilkan senyawa nitrogen triklorida senyawa ini dapat memicu infeksi pada membran mucus atau jaringan lendir. Maka dengan demikian dapat memicu iritasi pada bagaian mata oleh karna itu jika anda berenang anda disarankan untuk memakai kacamata renang guna menghindari iritasi pada mata anda.

Kaporit Dapat mengganggu Sistem Pernafasan Anda

Salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh yang sangat mudah terpapar klorin dalam bentuk gas yang ada di kolam renang adalah sistem pernafasan. Klorin yang ada di kolam renang juga bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit pada bagian organ paru-paru seperti asma dan bronkitis.

Dapat Menimbulkan Infeksi Pada Kulit

Efek buruk lain dari penggunaan kaporit yang berlebihan di air kolam yakni bisa mengakibatkan iritasi pada bagian kulit. Hal ini akan muncul dan dapat anda rasakan tanda-tandanya seperti rasa terbakar di bagian kulit saat selesai berenang atau diair kolam yang mengandung klorin secara berlebihan biasanya juga akan muncul ruam merah pada kulit anda. Kemudian disamping itu zat klorin yang bercampur dengan berbagai materi organik dapat menghasilkan zat toksin yang dapat merusak kulit.

Sekarang setelah anda telah mengetahui berbagai macam efek buruk klorin atau kaporit yang terdapat di kolam renang anda tentunya setelah ini anda harus lebih waspada dan berhati-hati terkait penggunaan kaporit untuk kolam renang.

Sebenarnya efek buruk tersebut tidak akan terjadi pada anda apabila penggunaan kaporit pada kolam renang diterapkan secara semestinya. Pahami fungsi, takaran, manfaat dan kekurangan kaporit untuk kolam renang agar anda atau keluarga anda yang berenang dapat terhindar dari dampak kelebihan penggunaan kaporit di kolam renang. Pemberian kaporit pada kolam renang harus sesuai dengan batas aman sehingga tidak memunculkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Oleh karna itu percayakan semua kebutuhan perawatan dan pembersihan kolam renang anda hanya kepada Kami Cipta Wahana Pool Kontraktor Kolam Renang Yang Handal Dan Berpengalaman Lebih Dari 17 Tahun

Kami memiliki tim yang sudah ahli, trampil dan profesional terkait perawatan kolam renang,  anda tidak perlu repot lagi untuk membersihkan kolam renang anda sendiri.

 

Baca Juga Kenali, Apa Saja Jenis-Jenis Lumut Yang Dapat Muncul Pada Kolam Renang Anda

 

Jika anda mempunyai masalah  dengan kolam renang anda, kolam renang anda berubah warna menjadi hijau atau kuning, kolam renang anda berlumut atau anda ingin merenovasi kolam renang anda atau anda akan membuat kolam renang dalam jarak dekat ini dan anda sedang mencari kontraktor kolam renang yang professional, terbaik, handal dan berpengalaman lebih dari 17 tahun silahkan anda dapat menghubungi kami melalui nomer 081314140404 atau Telpon (021) 2278 4764

 

atau silahkan anda klik gambar whatsapp dibawah ini untuk langsung chat otomatis dengan kami. Anda bisa juga mengunjungi kantor kami yang beralamatkan di Jl. Ampera Raya No.17G, Jakarta Selatan.

 

Share.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-1414-0404

Comments are closed.