Kenali, Apa Saja Jenis-Jenis Lumut Yang Dapat Muncul Pada Kolam Renang Anda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jika anda mempunyai kolam renang dirumah anda atau anda memiliki usaha terkait kolam renang anda. Anda pasti tidak mau mendapati kolam renang anda berlumut karna jika kolam renang anda sampai berlumut hal tersebut menandakan bahwa kolam renang anda tidak bersih dan bisa menyebabkan infeksi pada mata maupun kulit anda jika anda berenang dikolam renang dengan kondisi tersebut.

Menjaga kebersihan dan kenyamanan pada kolam renang anda secara rutin adalah hal yang sangat perlu dilakukan dibandingkan anda membersihkan kolam renang saat benar-benar kotor. Kolam renang yang sudah benar-benar kotor akan cukup sulit sekali untuk dibersihkan.

Contohnya saat air dikolam renang anda sudah berubah warna menjadi hijau dan kerak kotoran di lantai kolam sudah banyak dan lain-lain. Hal tersebut harus segera anda tindak lanjuti untuk anda lakukan pembersihan. Lumut menjadi salah satu hal yang sebenarnya wajar jika tumbuh di kolam renang sebab memang habitat untuk lumut itu sendiri memang di perairan yang terpapar oleh sinar matahari. Maka, jika anda membangun kolam renang anda harus bersiap-siap merencanakan juga perawatan yang rutin pada kolam renang anda supaya kolam renang anda tetap terjaga kebersihan dan kejernihannya.

Namun lumut terkadang juga merupakan hal yang mengerikan yang harus dihadapi oleh pemilik kolam renang saat lumut tersebut tumbuh dan menyebabkan masalah di kolam renang. Karna ketika anda belajar biologi lumut merupakan organisme yang menggunakan fotosintesis untuk memproduksi makanan dan energi jadi begitu musim mulai memasuki musim semi dan musim panas biasanya kolam renang anda akan berseiko ditumbuhi adanya lumut bukan hanya satu lumut yang harus anda hadapi melainkan tiga jenis lumut yang harus anda hadapi. Sama seperti mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama pada kulit dan mata anda.

Anda perlu mengetahui jenis lumut apa saja yang akan anda hadapi pada kolam renang anda

  1. Lumut Hijau (Chlorophyceae)

Lumut hijau atau dikenal juga dengan nama latin chlorophyceae adalah jenis lumut yang paling sering kami temui pada kolam renang klien kami ketika mereka lama tidak melakukan perawatan pada kolam renang mereka. Namun biasanya tergantung juga pada jenis lumut yang muncul pada kolam renang anda mungkin akan mendapati air dikolam renang anda berubah warna menjadi hijau, kuning kehijauan atau zamrud. Lumut hijau juga sering ditemukan mengambang dipermukaan air kolam atau menempel pada dinding kolam renang anda. Tanda yang lain bahwa lumut hijau tumbuh subur dikolam renang anda adalah kolam renang anda kekurangan klorin dan dibutuhkan untuk merawat kolam. Lalu bagaimana cara merawat kolam dalam kondisi tersebut?

Silahkan naikkan kadar klorin hingga mencapai 30.000 ppm pada kolam renang anda supaya air kolam renang anda tetap terjaga kebersihan dan kejernihannya juga untuk mengantisipasi jika kadar PH di kolam renang anda turun. Jangan sampai kadar klorin dan kadar ph di kolam renang anda sama-sama turun bisa dipastikan kolam renang anda akan berubah warna menjadi hijau dan ditumbuhi lumut.

  1. Lumut Kuning (Mustard Algae)

Jika anda mendapati lumut seperti ini dikolam renang anda. Lumut ini merupakan lumut yang paling bandel menurut sebagaian klien kami. Karna warna lumut ini sangat mirip dengan warna pasir ataupun tanah liat dan biasanya muncul pola bercak kuning-kehijauan atau coklat yang kekuningan yang dapat ditemukan didasar kolam renang anda dengan warna yang menyerupai  warna pasir ataupun tanah liat sangat sulit membedakan apakah itu pasir atau lumut. Cara untuk membedakannya yakni dari teksturnya jika teksturnya pasir maka akan terasa seperti pasir jika teksturnya licin dan berlendir bisa dipastikan bahwa itu adalah lumut.

  1. Lumut Hitam

Lumut jenis ini adalah lumut yang paling menyeramkan bagi pemilik kolam renang maupun mereka yang bekerja sebagai teknisi maintenance kolam renang. Lumut ini dapat dilihat dengan jelas sekali dan berbentuk seperti titik-titik hitam kecil di dinding kolam renang anda.  Apa yang membuat lumut jenis ini sulit untuk diobati yaitu karna mereka biasanya akan menumbuhkan akar yang dalam dan tumbuh berkoloni diatas satu sama lain dan menciptakan lapisan pelindung berlilin yang bahkan perawatan dengan menggunakan algaecidepun terkadang masih susah melawannya (chemical yang digunakan untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan alga / lumut)

 

Berikut 3 Solusi Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menghilangkan Kolam Renang Yang Berlumut Menurut Cipta Wahana Pool

 

  1. Silahkan Anda Menanam Pohon Disekitar Kolam Renang Anda

Ini adalah hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kolam renang anda yang berlumut dengan menanam pohon disekitar kolam renang anda maka pohon tersebut dapat menghalangi sinar matahari untuk langsung mengenai kolam. Sedikit informasi bagi anda bahwa sinar matahari langsung dapat mempercepat pertumbuhan alga atau ganggang.

Nah, dengan adanya pepohonan di sekitar kolam renang anda maka pertumbuhan lumut diair kolam anda bisa dihambat. Anda dapat memilih jenis pepohonan yang tidak terlalu mempunyai jenis ranting pohon yang kuat dan memiliki daun yang tidak mudah berguguran ketika akan ditanam di kolam renang anda. Hal ini merupakan hal yang paling dasar yang sebaiknya anda harus lakukan untuk mencegah tumbuhnya lumut didalam kolam. Perawatan kolam yang ideal dilakukan dalam waktu sebulan sekali.

  1. Menambahkan Water Cleaner Ke Kolam Renang Anda

Solusi lain untuk mengatasi air kolam renang yang berlumut berikutnya yakni dengan menambahkan zat yang mampu untuk membersihkan air. Anda dapat menggunakan water cleaner yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan air pada kolam sekaligus untuk mengurangi lumut yang bisa hidup didalam kolam.

Namun anda harus membaca baik-baik petunjuk penggunaan agar anda tidak salah dosis memasukan water cleaner ke air kolam renang anda selain hal tersebut anda dapat menggunakan filterisasi dengan sinar ultraviolet karna sistem filter dengan lampu ultraviolet yang lengkap mampu membersihkan kolam hingga menjadi jernih kembali. Sinar ultraviolet juga mampu mengikat lumut atau alga sehingga nantinya dapat berubah menjadi bagaian yang lebih kecil yang dapat disaring.

  1. Menerapkan Sistem Filtrasi Yang Tepat Pada Kolam Renang Anda

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk membersihkan kolam renang anda yang berlumut yakni dengan merancang sistem filtrasi yang baik dan tepat. Anda pun dapat memilih menggunakan filter yang baik yang memakai kombinasi dari air kolam dan bahan-bahan kimia yang aman untuk air kolam renang anda. Karna andapun juga pasti tahu beberapa bahan kimia memang dibutuhkan untuk  air kolam renang dan bertujuan untuk menjaga PH air di kolam renang anda seimbang dan air kolam anda tetap terjaga kejernihannya. Kini anda dapat mengatasi masalah kolam renang yang berlumut dengan 3 solusi diatas.

 

 Jika anda mempunyai masalah terkait dengan kolam renang anda, kolam renang anda berubah warna menjadi hijau, berlumut atau anda ingin merenovasi kolam renang anda atau anda akan membuat kolam renang dalam jarak dekat ini dan anda sedang mencari kontraktor kolam renang yang professional, terbaik, handal dan berpengalaman lebih dari 17 tahun silahkan anda dapat menghubungi kami melalui nomer 081314140404 atau Telpon (021) 2278 4764

atau silahkan anda klik gambar whatsapp dibawah ini untuk langsung chat otomatis dengan kami. Anda bisa juga mengunjungi kantor kami yang beralamatkan di Jl. Ampera Raya No.17G, Jakarta Selatan.

 

 

Share.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-1414-0404

Comments are closed.

error: Maaf konten ini diproteksi !!