Mengenal Sistem Sirkulasi Kolam Renang by Ciptawahana Pool

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Ciptawahana Pool merupakan Kontraktor kolam renang yang menerima jasa pembuatan, instalasi, renovasi dan perawatan kolam renang di Jakarta dan sekitarnya. Ciptawahana Pool merupakan spesialis konstruksi kolam renang yang sudah berpengalaman dan profesional. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan kolam renang atau ingin berlangganan perawatan kolam renang Anda bisa menggunakan jasa kami. Dan kami siap melayani Anda dalam pembuatan konstruksi kolam renang Anda.

Dalam pembuatan kolam renang, salah satu hal yang harus diterapkan dalam pembuatan kolam renang adalah memilih sirkulasi apa yang diinginkan untuk kolam renang Anda. Pada artikel kali ini akan dibahas macam-macam jenis sirkulasi yang biasa digunakan untuk kolam renang. Dalam sistem sirkulasi kolam renang biasanya digunakan 3 jenis sistem sirkulasi, berikut akan dibahas mengenai perbedaan dari sistem sirkulasi tersebut.

  1. Sistem Sirkulasi Skimmer

Kolam Renang Skimmer adalah jenis sistem sirkulasi pada kolam renang yang cocok dibangun untuk memanfaatkan lahan yang sempit pada rumah Anda. Jenis kolam renang dengan sistem sirkulasi skimmer ini menggunakan system sirkulasi yang menggunakan alat Skimmer Box sangat hemat tempat karena tidak memerlukan area tambahan untuk adanya bak penampungan ( balancing tank ).

Kelebihan Kolam Renang Skimmer

  • Sistem sirkulasi ini tidak memerlukan bak penampungan air Balancing Tank sehingga bisa menghemat tempat, cocok sekali untuk Anda yang hanya memiliki lahan terbatas
  • Sistem sirkulasi skimmer ini idak memerlukan Vacuum port di dinding kolam renang karena untuk proses vacuum cleaning sudah tergabung di dalam skimmer box yang ada pada dinding kolam.
  • Kolam Skimmer Cocok untuk pribadi keluarga yang suka ketenangan karena kolam renang skimmer tidak memiliki suara tumpahan air yang biasanya menimbulkan suara gemericik.
  • Karena tidak ada tumpahan air dari kolam, maka kolam skimmer juga tidak harus memiliki permukaan bibir kolam yang presisi dan rata.
  • Perawatan kolam renang skimmer sangat simpel dan mudah dipelajari karena hanya ada area kolam renang dan ruang pompa saja

Kelemahan Kolam Renang Skimmer

  • Ketika kolam dibangun di area outdoor, kotoran kecil seperti debu akan terlihat mengambang dipermukaan air karena sirkulasi airnya hanya mengandalkan hisapan pada port skimmer box saat dilakukan perawatan kolam renang saja.
  • Tinggi level permukaan air kolam renang skimmer tidak boleh berada dibawah skimmer box, karena ketika skimmer box tidak terisi air maka pompa sirkulasi akan menghisap angin dan bisa menimbulkan kerusakan pada mesin pompa kolam renang Anda.
  • Harus selalu melakukan penambahan air untuk menghindari kosongnya air pada port hisap skimmer box, dan pastikan air kolam renang lebih tinggi dari skimmer boxnya.
  1. Sistem Sirkulasi Semi Overflow

Sistem kolam renang semi overflow sangat cocok diterapkan untuk sirkulasi air pada kolam renang, akan tetapi sistem semi overflow ini  juga dapat diaplikasikan pada sistem kerja kolam-kolam lainnya. Pada dasarnya, kolam renang jenis ini juga memiliki sebuah sistem sirkulasi yang sudah bisa dikategorikan kolam renang yang dikenal jenis sistem overflow. Yang berbeda hanya pada desainnya dan bentuk struktur pada kolam renang saja. Karena pada sistem kolam renang overflow murni, seluruh sisi kolam renangnya dari struktur kolam renang menjadi bagian yang menumpahkan air ke seluruh sisi saluran kolam renang yang akan menuju balancing tank sebagai tempat penampungannya.

Sistem kolam renang ini memiliki ciri kolam dengan air yang tumpah sebagian bisa dibagian sisi lebar atau sisi panjang sesuai dengan desain yang diinginkan, Memiliki saluran flow, dan memiliki bak penampungan sebagai balancintank, Arti semi sendiri diambil dari bahsa inggris yang artinya hanya sebagian kolam renang saja yang airnya tumpah. Jenis Semi over flow ini biasanya digunakan di lahan yang memiliki kontur, contoh di pegunungan atau diperbukitan konsep yang biasa dipakai adalah Kolam Renang infinity dan kolam renang adge.

Kelebihan Sistem kolam renang Semi Over flow :

  • Karena terdapatnya bak penampungan air balancintank maka bisa mengisi otomatis saat backwash dan rinse pada filter kolam renang saat perawatan kolam renang.
  • Kotoran besar atau kecil bisa terbawa arus air kolam renang menuju ke sisi flow dan akan disaring kembali sehingga air kolam akan terlihat lebih jernih.
  • Desain kolam semi overflow bisa di mainkan dengan lahan kontur atau flat pada kolam renang.

Kekurangan Sistem sirkulasi Over flow :

  • Biaya pembuatan kolam renangnya cukup mahal, karena dibutuhkan bangunan saluran flow dan balancintank dan memerlukan lahan yang sedikit luas.
  • Perawatan kolam renang harus memperhatikan level balancingtank, kotoran pada foot valve secara berkala. Karena pada saat air mengalir maka air akan membawa banyak kotoran besar maupun kecil ke arah bak penampungan balancingtank.
  • Dibutuhkan lahan yang sedikit luas. dan cukup untuk dibuat bak penampungan balancingtank
  1. Sistem Sirkulasi Full Overflow

Kolam Renang jenis sistem sirkulasi Overflow merupakan kolam renang yang sama halnya dengan kolam renang semi over flow memiliki bak penampungan air yang biasa disebut balancingtank, saluran gutter namun over flow juga merupakan jenis kolam renang yang airnya tumpah ke semua arah atau full sehingga dinamakan kolam renang jenis over flow, Penempatan kolam renang sistem over flow banyak di terapkan di lahan rumah yang luas dan datar cocok juga untuk Anda yang mau membuat kolam renang waterboom dan fasilitas umum.

Kelebihan Sistim sirkulasi Over flow :

  • Karena terdapat balancingtank maka mempermudah dan bisa mengisi otomatis saat backwah dan rinse pada saat perawatan kolam renang.
  • Kotoran besar atau kecil bisa terbawa arus menuju ke sisi aliran semua sisi dan air nantinya akan disaring kembali sehingga air akan lebih jernih dengan maksimal

Kekurangan Sistem sirkulasi Over flow :

  • Biaya pembuatan kolam renang sistem sirkulasi overflow cukup mahal, karena dibutuhkan bangunan saluran flow dan balancintank.
  • Saat Perawatan pada kolam renang harus memperhatikan level balancingtank, kotoran pada foot valve secara berkala. Karena pada saat air flow maka air akan membawa banyak kotoran besar maupun kecil ke arah balancintank dan mempermudah pembersihan kolam renang Anda.
  • Perlu dibutuhkan lahan yang luas. dan cukup besar untuk dibuat bak penampungan air balancingtank dan saluran over flow.

Kami Ciptawahana Pool siap melayani jasa pembuatan, instalasi dan renovasi kolam renang di seluruh Indonesia, Untuk info selanjutnya Anda bisa hubungi kami CIPTA WAHANA POOL di no telepon 021-7883 7733, Mobile / whatsapp : 0813 1414 0404 , Email : ciptawahanapool@gmail.com, Kunjungi website kami di www.ciptawahanapool.com,.

Ciptawahana Pool Kontraktor Kolam Renang
Mengenal Sistem Sirkulasi Kolam Renang by Ciptawahana Pool
Kontraktor Kolam Renang Terbaik Di Jakarta
Mengenal Sistem Sirkulasi Kolam Renang by Ciptawahana Pool
CIPTAWAHANA POOL merupakan perusahaan yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang Kontraktor Kolam renang, konstruksi kolam renang, water boom dan waterpark yang berlokasi di selatan jakarta, kami melayani jasa pembuatan kolam renang, baik kolam renang ukuran besar & juga berukuran kecil, selain itu kami juga melayani jasa instalasi, perawatan & renovasi kolam renang.
Ciptawahana Pool merupakan Kontraktor kolam renang yang menerima jasa pembuatan, instalasi, renovasi dan perawatan kolam renang di Jakarta dan sekitarnya. Ciptawahana Pool merupakan spesialis konstruksi kolam renang yang sudah berpengalaman dan profesional. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan kolam renang atau ingin berlangganan perawatan kolam renang Anda bisa menggunakan jasa kami. Dan kami siap melayani Anda dalam pembuatan konstruksi kolam renang Anda.
Ciptawahana Pool
Publisher Name
ciptawahana pool
Share.

About Author

Comments are closed.