Cara Menguras Kolam Renang Dan Mengisinya Kembali Dengan Benar

0

Menguras kolam renang memang perlu dilakukan sesekali saat dilakukan perawatan kolam renang, karena air yang digunakan untuk berenang tentunya akan kotor jika sudah lama digunakan. Meskipun dalam proses pengurasan kolam renang hanya dilakukan dalam beberapa waktu sekali, namun tentunya proses tersebut harus dilakukan dengan teknik pengurasan yang benar dan juga proses pengisian air yang benar juga agar nantinya kolam renang tidak mengalami masalah setelah dikuras.

Untuk melakukan pengurasan kolam renang tidak boleh dilakukan sembarangan untuk itu Kami akan berikan informasinya untuk Anda  mengenai cara menguras air kolam renang dengan benar. Simak informasinya berikut :

  1. Siapkan alat untuk menguras kolam renang seperti pompa, selang karet yang panjangnya disesuaikan jarak dari kolam ke selokan.
  2. Pastikan pipa terpasang dengan baik dan ujung pipa yang satu lagi menempel pada saluran pembuangan sebelum menyalakan pompa.
  3. Arahkan selang menuju ke selokan melalui samping kamar mandi atau dapur.
  4. Hidupkan pompa dengan kecepatan aliran yang sesuai dengan aturan kota dan disesuaikan dengan ukuran kolam renang karena waktu pengurasan kolam renang dipengaruhi oleh luas kolam renang dan kecepatan pengurasannya.
  5. Semprotkan selang pada garis air yang turun setiap 30cm atau lebih. Anda bisa lakukan penyikatan sekaligus saat menyiram terutama saat air tersebut kotor.
  6. Tunggu hingga pompa mengeluarkan air seluruhnya, jika masih ada sisa di kolam renang Anda bisa lakukan pengurasan secara manual . Jumlah air yang keluar dipengaruhi oleh kontur kolam di ujung kedalamannya.
  7. Cara lain yang bisa digunakan untuk menguras kolam renang, bisa dilakukan dengan system pembersihan bawah lantai kolam jika mengalami kerusakan Anda bisa menghubungi pembangun system tersebut.
  8. Setelah selesai dilakukan pengeringan Anda bisa langsung bersihkan kalsium atau cincin kerak air Anda bisa menggunakan CLR (Calcium, Lime, Rust Remover) kemudian bersihkan kotoran yang sulit disingkirkan dengan kape (pisau dempul).
  9. Lakukan pencucian dinding kolam dengan asam untuk menjaga air tetap bening dan transparan.
  10. Setelah selesai Anda bisa lakukan pengisian air kolam dengan memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mengisinya. Anda bisa memulai mengisinya dengan menghubungkan satu atau lebih selang taman ke kran-kran yang tersedia.
  11. Jika kolam baru saja diperbaiki Anda bisa gunakan kain yang diikatkan pada ujung selang untuk mencegah kerusakan pada kolam.
  12. Tunggu air mengendap baru Anda bisa tambahkan bahan kimia lain.  Namun Anda perlu menguji alkalinitas, PH, dan kandungan mineralnya sebelum memasukan clorin, sianurat, atau garam.

Tips melakukan pengurasan kolam :

  • Lakukan pengurasan pada pagi hari dan cuaca panas
  • Jangan menggunakan selang sambungan karena akan menimbulkan hal yang berbahaya bisa menyebabkan kerusakan air pada rumah Anda.
  • Jangan membuang air ke tanaman karena tentunya tidak akan bereaksi dengan baik terhadap tanaman jika kebanyakan garam.
  • Gunakan kecepatan pompa yang bekerja dengan aman pada kecepatan tertentu biasanya 189/liter, atau maksimum 265liter/menit.
  • Jangan lakukan pengeringan kolam sekali tiap 3-5 tahun sekali

Ribet dan butuh proses lama kan ? Ngga pengin ribet karena sibuk ? Serahkan urusan Anda pada ahlinya, Kami Cipta Wahana Pool hadir melayani Anda dengan menyediakan jasa perawatan kolam renang yang akan senantiasa membuat kolam renang Anda menjadi bersih dan sehat dan juga siap menguras kolam renang Anda dengan teknik pengurasan yang benar. Kami melayani jasa perawatan kolam untuk Anda yang berlokasi di Jabodetabek dan sekitarnya. Hubungi Kami 081314140404.

Share.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-1414-0404 Pin bb : 2B5C7FB6

Comments are closed.